Insert keyword

Tanya Jawab Virus H7N9

Yang Perlu Anda Tahu Seputar Virus Flu Burung H7N9

Jika anda belum tahu banyak soal virus Flu Burung H7N9, simak tanya jawab seputar flu burung H7N9 seperti yang dilansir dari BBC berikut ini.

Seberapa buruk virus tersebut?
Sejak terdeteksi sekitar lebih dari satu bulan yang lalu, virus H7N9 sudah menginfeksi 100 orang lebih. Tak sedikit pula pasien yang meninggal. Bisa dikatakan virus flu burung ini adalah infeksi yang cukup berbahaya.

Apa gejalanya?
Gejala utama virus flu burung H7N9 adalah pneumonia akut. Virus tersebut juga mengganggu sistem imun dan memicu badai cytokine. Keracunan pada darah dan kegagalan organ juga bisa terjadi akibat H7N9.

Apakah kita perlu khawatir?
Masih belum, sebab sampai sekarang kabarnya virus hanya bisa menyebar dari unggas ke manusia. Beberapa unggas yang positif H7N9 adalah ayam, bebek, dan merpati yang ditemukan di pasar China.

Apa yang harus diwaspadai?
Virus H7N9 baru dikatakan sebagai ancaman besar jika bisa menular ke sesama manusia. Sebab jika hal itu terjadi, virus akan lebih mudah menyebar ke seluruh dunia. Meskipun belum ada bukti virus menular ke sesama manusia, bukan tidak virus bermutasi dan akhirnya cepat menyebar ke sesama manusia.

Apakah kasus virus flu burung sebelumnya?
Kasus virus flu burung terakhir terjadi pada tahun 1997. Virus dengan nama H5N1 sudah membunuh 300 pasien, meskipun kabarnya virus tersebut juga tak bisa menular ke sesama manusia.

Apa beda H5N1 dan H7N9?
H7N9 tidak terlalu mematikan jika dibandingkan dengan H5N1 yang telah membunuh 60 pasien yang terinfeksi. Namun H7N9 bisa jadi virus yang mematikan jika bisa menular ke sesama manusia. Perbedaan kedua adalah H5N1 membuat burung sakit dan mati, sementara H7N9 tidak. Jadi cukup sulit mendeteksi H7N9 pada unggas.

Apa itu pandemi?
Pandemi adalah wabah yang menjangkit warga dunia dan serempak terjadi di mana-mana, meliputi daerah geografi yang sangat luas.

Apakah H7N9 juga merupakan pandemi?
Sekali lagi, H7N9 bisa jadi pandemi jika bisa menyebar ke sesama manusia. Penelitian terbaru mengatakan bahwa H7N9 perlu mengalami lima mutasi untuk bisa menular ke sesama manusia. Sampai sekarang, dua dari lima mutasi sudah ditemukan. Sehingga bukan tidak mungkin kalau tiga mutasi berikutnya bisa terjadi pada H7N9.

Ke mana saja H7N9 sudah menyebar?
Sementara ini, hanya China dan Taiwan saja.

Apakah aman berkunjung ke China?
Pihak WHO belum melarang perjalanan menuju China karena korban H7N9 masih termasuk dalam angka kecil.

Apakah warga dari negara lain bisa tertular?
Bisa, buktinya Taiwan. Penyebabnya adalah jika seseorang terinfeksi ketika berkunjung ke China. Kemudian baru merasakan gejalanya setelah kembali pulang ke negara asalnya.

Apakah ada vaksin H7N9?
Belum, namun sedang diusahakan. Perlu banyak waktu untuk mengembangkan sebuah vaksin.

Apa arti H dan N pada virus?
Huruf H dan N maksudnya menggambarkan protein dan pelindung virus yang bernama hemagglutinin dan neuraminidase. Ada sekitar 16 H dan 9 N yang bisa berubah menjadi berbagai kombinasi.
 Demikian Tanya Jawab Tentang Virus H7N9 semoga pembaca dapat memahami lebih tentang virus tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Tot Traffic

Flag Counter