Insert keyword

10 Cara Supaya Tak Defisit Sperma

10 Cara Supaya Tak Defisit Sperma
Jakarta--Jumlah sperma pria semakin menurun hingga sepertiga dari jumlah normal sejak 1990-an. Para pria tentu tidak menghendaki penurunan sperma ini terjadi karena berpengaruh pada kesuburan. Apa saja yang bisa dilakukan?

Dilansir dari situs Times of India, Rabu, 1 Mei 2013, beberapa hal bisa dilakukan untuk mencegah penurunan jumlah sel sperma pada pria adalah:

1. Berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol.
Merokok diketahui bisa mengurangi jumlah, merusak, dan menurunkan usia hidup sperma. Selain itu merokok juga bisa menyebabkan perubahan genetis. Mirip dengan merokok, mengkonsumsi alkohol juga menurunkan produksi sperma dan hormon testosteron pria.

2. Berolahraga
Berolahragalah secara rutin dengan intensitas yang moderat, sekitar 30-45 menit setiap hari. Jangan berlebihan berolahraga, karena justru bisa berpengaruh negatif pada fertilitas. Jagalah berat badan pada ukuran yang normal karena hal itu akan membuat keseimbangan pada hormon testosteron atau estrogen.

3. Makanan bernutrisi
Konsumsilah makanan bernutrisi yang rendah lemak dan kaya protein. Perbanyak makan buah dan sayuran. Kurangi asupan kafein.

4. Hindari penggunaan pelumas berlebihan
Penggunaan pelumas secara berlebihan saat melakukan hubungan seksual bisa menyebabkan sel-sel sperma mati.

5. Jangan simpan telepon seluler di kantong celana
Hindati mengantongi telepon seluler di kantong celana atau menempatkan laptop di pangkuan. Sinyal radiasi serta panas yang ditimbulkan bisa membuat sel sperma jadi rusak.

sumber: www.tempo.co

0 comments:

Post a Comment

Tot Traffic

Flag Counter